Selasa, 22 November 2011

Prinsip Dasar Kehidupan Berbangsa


(Oleh : Rizky Chandra)

Topik : Pancasila sebagai sistem Filsafat dan Etika

Pancasila merupakan ideologi bangsa indonesiaa atau bisa disebut juga pancasila merupakan lima pedoman dasar tanah air kita yaitu  bangsa Indonesia. Seperti yang kita ketahui semua warga negara indonesia kenal bahakan Hafal sila-sila pancasila, pada waktu kita kecil atau tepatnya kita masuk bangku sekolah, seorang guru kita menyuruh kita menghafalkan sila sila pancasila, karena hampir setiap minggu kita mengucapkan 5 sila tersebut pada upacara bendera yang biasanya dilakukan setiap hari senin selama kita menduduki  bangku sekolah dasar (SD), sekolah menengah (SMP) dan sekolah menengah akhir (SMA) pancasila tersebut selalu kita kita ucapkan pada saat itu, belum lagi disetiap tahun, Kita sebagai pelajar yang menimba ilmu di  Indonesia setiap tahunnya kurang lebih 12 tahun selalu mendapatkan mata pelajaran yang dahulu disebut Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), bahkan hingga bangku kuliah saya masih mendapatkan pelajaran ini walau hanya satu semester. Harapan guru atau pembimbing kita adalah setiap saat kita Selalu mengamalkan sila sila pancasila sebagai pedoman hidup berbangsa dan bernegara. Kali ini saya akan menjelaskan lebih rinci apa itu sila sila pancasila
1.Ketuhanan  yang  maha Esa
Makna yang tekandung dari sila ini adalah kita sebagai bangsa indonesia  percaya dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. Hormat dan menghormati serta bekerjasama antara pemeluk agama dan penganut-penganut kepercayaan yang berbeda-beda sehingga terbina kerukunan hidup antar umat bergama.
2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
Makna sila ini adalah mengakui persamaan derajat, persamaan hak dan persamaan kewajiban antara sesama manusia dalam segala aspek misalnya kita semua saling mencintai sesama manusia dan saling  bersikap tenggang rasa sesama yang lain.



3. Persatuan Indonesia
Makna sila ini adalah  menjaga persatuan dan kesatuan Negara Indonesia jadi kita sebagai rakyat indonesia harus melindungi negara kita dari bangsa asing yang ingin menyerang indonesia, serta rela berkorban demi bangsa dan negara.
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan
Makna sila ini adalah mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat. Hal ini penting karena apabila kita mengutamakan kepentingan pribadi di atas kepentingan kelompok yang terjadi adalah terjadinya kesenjangan sosial antar kehidupan bermasyarakat. dan mengutamakan kegiatan musyawarah dalam mengambil keputusan bersama
5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Makna sila ini adalah kita harus selalu bersikap adil terhadap sesama,tanpa memilih satu golongan,banyak yang terjaadi di luar sana. Seseorang itu membela kesalahaan yang dilalukan oleh orang lain, karena mereka mempunyai suatu hubungan seperti hubungan keluarga atau persahabatan.
Kali ini saya akan mengangkat topik pancasila sebagai sitem Filsafah dan Etika suatu bangsa, Pertama tama kita lihat dahulu pengertian filsafah menurut para ahli
Socrates (469-399 s.M.) “Filsafat adalah suatu bentuk peninjauan diri yang bersifat reflektif atau berupa perenungan terhadap azas-azas dari kehidupan yang adil dan bahagia. Berdasarkan pemikiran tersebut dapat dikembangkan bahwa manusia akan menemukan kebahagiaan dan keadilan jika mereka mampu  dan mau melakukan peninajauan diri atau refleksi diri sehingga muncul koreksi terhadap diri secara obyektif “.



Jadi pancasila sebagai sistem filsafah adalah suatu sistem yang berhubungan satu sama lain dan tidak bisa dipisahkan contohnya sila pertama yaitu ketuhanan yang maha Esa dimana seseorang bangsa indonesia yang berideologi pancasila boleh memilih agama yang sekiranya tepat bagi dia dan tidak boleh memilih agama tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Pemerintah Indonesia  menetapkan 6 agama  sebagai agama yang resmi di Indonesia saat ini.(1)
Kali ini saya ingin mengulas agama yang saat ini saya yakini sebagai agama yang paling sempurna di antara yang lain.
Islam adalah agama yang mayoritas pemeluknya terbesar di indonesia, Islam juga agama  yang di anut oleh Presiden Indonesia dari Bp Soekarno sampai Pesiden kita saat ini yaitu Bp Susilo Bambang Yudhoyono. Kalau di lihat dari segi tujuan beragama setiap agama itu sama yakni agar pemeluk agama itu senantiasa berbuat kebaikan dan mencegah perbuatan menyimpang atau kejahatan sama seperti  hal nya Islam. Islam menyuruh atau menuntut  kita untuk berbuat kebajikan dalam setiap perbuatan. Islam juga menyuuruh pengikutnya untuk Shalat, puasa, dan berzakat. Tetapi melihat organisasi yang mengatas namakan islam saat ini seperti Front Pembela Islam (FPI), dan organanisasi pemuda Islam saat ini bagaikan bertentangan dengan inti ajaran islam. Salah satu contoh misalnya pada Bulan Ramadhan dimana umat islam menjalankan ibadah puasa selama 30 hari penuh mereka pemuda yang mengatas namakan islam merusak tempat tempat makan yang buka atau beroperasi pada siang hari, padahal yang beroperasi ini hanya menyediakan makanan bagi yang tidak berpuasa seperti orang yang memeluk agama selain islam atau umat islam yang sedang berhalangan berpuasa dan salah satu tindakan lain adalah para pemuda majelis yang berkumpul dijalan jalan dan menutup jalan sehingga jalan macet total. tindakan para pemuda ini malah menambah citra buruk  nama baik islam dimata agama lain.
Selanjutnya pancasila sebagai sistem etika. Pancasila sebagai sistem etika adalah cara kita memandang pancasila itu sendiri yang erat kaitannya dari segi nilai, norma,dan moral.Kali ini saya akan mengupas pancasila dari segi moral. Moral adalah segala sesuatu Yang berkaitan dengan tingkah laku manusia yang dapat diukur dari sudut baik maupun buruk, sopan atau tidak sopan, susila atau tidak susila. Jadi seseorang itu dikatakan bermoral apabila dia tidak melakukan sesuatu yang tidak  keluar dari nilai norma agama dan budaya. Kejadian yang sering kita lihat akhir akhir  ini adalah contoh perilaku seseorang yang tidak bermoral dimana seseorang tokoh masyarakat, artis (public figure) ataupun pemuda pemudi saat ini  banyak sekali tersangkut kasus narkotika dan obat obatan terlarang (narkoba)
contoh lain adalah fenomena Korupsi di Negeri ini dimana banyak sekali aparatur negara yang telah diberikan amanah oleh rakyat untuk mengurus negeri ini tetapi malah menambah masalah di negeri ini dengan korupsi yang mereka lakukan. Hal ini mungkin disebabkan mereka tidak mempunyai dasar agama yang kuat dan bobroknya moral mereka sehinnga mereka tidak mempunyai rasa malu terhadap dosa yang mereka lakukan.
Referensi
1.      Penjelasan Atas Penetapan Presiden No 1 Tahun 1965 Tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama pasal 1, "Agama-agama yang dipeluk oleh penduduk di Indonesia ialah Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Khong Hu Cu (Confusius)"
2.   Filsafat adalah suatu bentuk peninjauan diri yang bersifat reflektif atau berupa perenungan terhadap azas-azas dari kehidupan yang adil dan bahagia Socrates (469-399s.M.)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar